Bakti Mulya – Rabu, 22-23 Okt 2020 | SMK Negeri 7 Muaro Jambi melaksanakan kegiatan Workshop pengimbasan Pusat Pengembangan Karir Siswa (PPKS).

Workshop yang berlangsung dihadiri oleh bapak Drs. H. Marlon, M.Pd selaku pimpinan SMK Negeri 7 Muaro Jambi, Pengawas Pembina, Kepala Bidang Disnakertrans, Ketua BKK SMK Negeri 2 Kota Jambi, Dinas Pendidikan dan peserta workshop terdiri dari beberapa SMK yang berada di Kabupaten Muaro Jambi.

Setelah melakukan pembentukan tim kerja pada Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK. Kegiatan BKK SMK negeri 7 Muaro Jambi selanjutnya yaitu melaksanakan workshop pengimbasan kepada sekolah yang telah memiliki Bursa Kerja Khusus (BKK). Pengimbasan ini bertujuan agar dampak dari BKK dapat dirasakan oleh sekolah lain, serta tercapainya tujuan dari BKK yaitu menciptakan dan menyalurkan lulusan SMK ke Dunia Usaha dan Dunia Industri sesuai dengan bidang dan kompetensi keahlian yang dimiliki.

Dalam kegiatan ini Kepala Bidang Disnakertrans menyambut dengan baik adanya program Bursa Kerja Khusus (BKK) yang diadakan oleh pihak SMK. Diharapkan dengan adanya program seperti ini nantinya dapat menciptakan terobosan baru yang bersinergi dengan Disnakertrans. Program ini dapat dijalankan dengan baik jika saling bersinergi artinya antara pihak Disnakertrans dan SMK saling memberi masukan untuk setiap agenda dan program yang dijalankan, agar sesuai dan tepat sasaran.

Narasumber workshop dari SMK Negeri 2 Kota Jambi menjelaskan bahwa program ini sangat dirasakan dampak positifnya khususnya untuk para alumni. Disekolah setiap minggunya dapat menyalurkan alumni kepada pihak Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI), dan program ini sangat efektif dalam menyalurkan alumni untuk mendapatkan pekerjaan.

Pada akhir workshop kepala sekolah menyampaikan nantinya akan ada proram Job Matching SMK yang akan menghadirkan Industri Dunia Usaha dan Kerja (IDUKA). Diharapkan para alumni dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik agar  setelah lulus dapat langsung bekerja dan diserap DU/DI sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki.

Semoga kegiatan workshop pengimbasan ini dapat dirasakan manfaatnya khususnya untuk  sekolah SMK baik yang sudah maupun yang belum memiliki program Bursa Kerja Khusus (BKK).

Leave a Comment